DRGNITA: Macam, Jumlah, Waktu Tumbuh dan Tanggal Gigi

image

Heihoo!!
Rencananya topik gigi ini akan jadi subtopik blog ini dan akan dijadwalin tayangnya, tapi untuk sekarang ini saya belum siap. Insya Allah setelah resmi jadi dokter gigi rencana ini saya laksanakan, jadi yang sekarang anggap aja sebagai sneak peek dan saya tunggu kritik dan sarannya. ^^„

Macam Dan Jumlah Gigi
Secara garis besar, gigi itu ada dua macam yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu merupakan gigi yang tumbuh pada usia 6-30 bulan dan akan tanggal pada usia 6-12 tahun dan digantikan oleh gigi tetap.

image

Gigi susu terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham (molar) sehingga totalnya ada 20 gigi.

image

Pada gigi tetap terdapat 32 gigi, 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi geraham kecil (premolar), dan 12 gigi geraham (molar)*.

Kalau fungsi-fungsi dari berbagai bentuk gigi itu masih pada inget kan?
Pelajaran SD

Waktu Tumbuh Gigi Susu dan Gigi Tetap
Gigi itu tumbuh semacam ada urutannya. Untuk gigi susu yang paling pertama tumbuh adalah gigi seri rahang bawah sedangkan untuk gigi tetap gigi geraham yang paling pertama tumbuh. Periode gigi tetap dimulai sekitar 6-7 tahun, sayangnya saat umur segitu anak-anak kebanyakan masih belum telaten ngurusin giginya dan orang tua belum tentu peduli, jadi gak jarang gigi tetap ada yang udah keburu rusak pas masih SD. Sayang banget. 😥

image

Umur yang ada di tabel di atas bisa jadi patokan tentang waktu pertumbuhan gigi. Tapi bukan harga mati, karena umur dentalis setiap anak beda-beda, jadi jangan langsung panik kalau tumbuh giginya gak sesuai ‘jadwal’. Kalau telatnya telat banget, masuk hitungan tahun atau sampe mau masuk SMP masih ada gigi yang belum tumbuh, datanglah ke dokter gigi, selanjutnya bisa dilakukan foto panoramik untuk melihat ada atau tidaknya benih gigi.

image

Serba-serbi..
• Pembentukan email atau mahkota gigi seri susu ▶ 4-6 bulan sebelum tumbuh.
• Pembentukan email atau mahkota gigi taring dan geraham susu ▶ 6-12 bulan sebelum erupsi.
• Pembentukan akar gigi susu 1 tahun setelah tumbuh.
• Jangka waktu periode tumbuh gigi susu ▶ 6-30 bulan (2 tahun)
• Pembentukan akar gigi tetap selesai setelah 3 tahun tumbuh.

*Saya lebih suka pake kata molar untuk gigi geraham dan premolar untuk gigi geraham kecil, jadi gak konsisten sih sama bahasa Indonesia, tapi lebih singkat.
**sumber foto panoramik

Mau konsultasi?
Baca syarat dan ketentuannya dulu yaaa.. 🙂

706 thoughts on “DRGNITA: Macam, Jumlah, Waktu Tumbuh dan Tanggal Gigi

  1. dok saya berumur 19th , gigi bagian belakang saya tumbuh dan menyebabkan gusi saya bengkak , rasanya sakit sekali sampai tenggorokan juga ikut sakit jika dibuat menelan air liur . yang mau saya tanyakan apakah ini termasuk pertumbuhan gigi geraham bungsu ? namun gigi geraham saya masih terhitung 2 jika dengan gigi yang tumbuh ini . kemudian apakah perlu untuk dicabut ?

  2. Dok, saya mau nanya. Umur saya skrg 15 thn gak lama lagi 16thn. Dirahang bawah jumlah gigi saya 13, gigi geraham kecil yang dibelakang gigi taring saya cuma 1, masing2 kiri kanan. Disebelah kiri gigi geraham kecil, ada gigi yg sdh rusak parah, apa bisa dicabut dok? Soalnya gigi geraham kecil saya cuma 1 harusnya kan 2. Dan kalo bisa dicabut gigi yg rusak itu, apa gigi geraham kecil akan tumbuh, jadi lengkap 2? Sebelumnya terima kasih dok, ditunggu jawabannya:)

  3. Dok saya roy. Umur 20th. Geraham kedua bawah saya kanan dan kiri sempat goyang dan lepas ketika makan. Penyebabnya apa ya? Tanggalnya hanya berselang 2 minggu dan apakah itu gigi susu yg telat tanggal? Trimakasih

  4. Dok umur saya pecah gara gara terkena lantai sdh itu goyang klo di cabut basah tumbuh gak dok

  5. Saya roy 20th. Gigi geraham kedua saya lepas kanan dan kiri. Selang tanggalnya hanya berjarak 2 minggu. Tanggal ini diikuti dengan goyang selama sebulan. Saya ingin menanyakan kenapa bisa begitu? Apa mungkin itu merupakan gigi susu yg telat untuk tanggal? Terima kasih.

  6. Dok, nama saya roy. Umur saya 20 th. Gigi geraham kedua saya kanan kiri lepas setelah goyang 2 minggu. Dan saya bingung apakah penyebabnya? Apa mungkin itu merupakan gigi susu yg telat tanggal. Tanggal keduanya tidak bersamaan tapi berjarak 2 minggu

  7. dok, umur saya hampir 19 tahun. setelah makan, saya baru sadar kalo gigi taring kanan atas saya sudah goyang.
    kira** gigi taring saya akan lepas nggak?
    dan apakah bisa tumbuh lagi??

  8. Dok, ini aneh enggak. Gigi depan saya yang atas, ini sepertinya gigi ke-4. Telah patah 3x. Dulu kecil karena dinakalin sm mas sy, tumbuh, trs insiden, tumbuh, dan ada insiden lagi yg saya kira gak bisa tumbuh. Sy biarin kok tumbuh juga… Itu gimana ya.

    Tapi dulu saya kecil, baru lahir itu gigi bawah yg depan udah tumbuh 2. Dr keluar gt udah ada giginya.

  9. Dok umur saya 14 tahun (mau 15 ) tapi gigi saya masih banyak yang gigi susu nya,saya mau nanyak itu bisa numbuh gigi baru lagi gak ?

  10. Dok mau nanya dong , umur aku udah 19 tahun aku dulu pernah cabut gigi graham karena gigi berlobang , terus 2 tahun kemudian tumbuh benih gigi di gigi graham dok apa itu gak apa2 tolong jawab ya dok ?

  11. Dok, umur saya 24 tahun, perempuan, tiba tiba gigi seri atas deket gigi geraham saya copot pas saya lagi makan malam. Kenapa ya dok? Perlu periksa ke dokter gigi ga ya? Soalnya tiba tiba, makasih dok

  12. Dok, aku umur 15 tahun aku masih punya gigi susu, aku juda sudah rongent dan pastikan kalau itu gigi susu dan masih ada benih gigi baru. Di umurku yang sudah 15th kenapa gigi susuku ga goyang juga ya dok?

    1. Hai Alya Izza, yang membuat gigi susu bisa goyang dan lepas sendiri adalah saat gigi tetapnya mengikis akar gigi susu di atasnya sehingga gigi pun memendek, tinggal mahkotanya dan akhirnya lepas sendiri.
      mungkin posisi gigi tetap Alya tidak pada posisi idealnya sehingga tidak berhasil mengikis akar gigi susunya. 😀

  13. dok mw nanya ,anak sya skrng usianya 8 tahun,gigi susunya suda dicabut sekarang sda tumbu gantinya,dah berganti terus goyang ,,klo dicabut apa masi bisa tumbuh? dan kalau tdk ,dibiarkan goyang apa masi bisa normal,apa yg harus sy lakukan dok?

  14. dok Gigi sya blong tenggah dok.
    di bawah bolong tu retak.
    apkh. bisa seperti semula lgi dok?

  15. Dok umur saya 13 tahun gigi saya sedang goyang yang kata dokter di kotaku beberapa bulan lalu itu adalah gigi susu, jadi dok kalau misalnya saya cabut apakah akan tumbuh lagi atau tidak?an kalau di lihat secara kasat mata saya tidak bisa membedakan gigi susu saya yang dibilang oleh dokter tsb sama gigi ttp

  16. dok saya 19 tahun gigi taring saya goyang , iya memang itu gigi susu. tapi apa bisa tumbuh lagi ya

  17. Dok umur saya 22 tahun, trus gigi geraham saya yang paling belakang atas bawah kok kaya tumbuh yah ? Daging pipi aku tuh yang dekat geraham bengkak, trus kaya geraham baru tumbuh jadi robek2 gitu sakit banget 😭😭

  18. dok umur saya 13 thn gigi susu atas saya keropos dok tpi saya blum pernah ompong apa gigi saya bisa tumbuh lagi dok trima kasih

  19. Assalamualaikumdok saya mau tanya. Umur sya sekarang 24 tahun. 2 Gigi geraham saya pernah ditambal ketika sd, jadi masih termasuk gigi susu. Dan baru diusia saya sekarang gigi geraham itu dicabut. Pertanyaan saya masih bisa tumbuhkah? Karna menurut saya belum mnjadi gigi tetap. Terima kasih untuk jawaban nya.

  20. Dokter sy mau bertanya,
    Anak sy berumur 8 tahun, gigi susu bagian depan bawah sdh goyang tp blm dicabut. Nah ternyata gigi tetapnya sudah tumbuh dok tetapi di bagian belakang gigi susunya yang sdh goyang. Yang sy tnyakan apa itu pengaruh dg susunan gigi tetap nya nnti yaa dok, knpa tumbuhnya ko dibelakang diluar susunan gigi susunya.. dan apa gigi susu yang goyang apa harus segera dicabut? Terimakasih

  21. Dok umur saya 17 tahun, saya tadi periksa ke dokter, gigi taring saya katanya masih gigi susu, yg mau saya tanyakan
    1. Apakah gigi susu saya harus di cabut?
    2. Kalau di cabut apakah bisa tumbuh gigi baru?

  22. Dok saya mau tanya anakku umur 9th tapi giginya banyak yang copot. sekarang aja (selang beberapa hari) gigi geraham atas kanan kiri copot 4. sebelumnya juga ada yg copot bagian gigi yg lain. itu kenapa ya dok apakah giginya bermasalah? apakah akan tumbuh lagi? Selama ini minumnya setiap hari air es…apakah berpengaruh? Mksh

  23. Dok sya mau tnya,,,ini gigi ank sya yang depn bgian ats,,,,sya lupa udh prnh cpot ap blom,,,seingat sya udah dok tpi kok skrng goyng lagi yha,,,,nah klu msalnya giginya itu cpot msih bsa tmbh gk dok,,,maaf sya lpa ank sya bru berusia 7 thun,,,trimksih dok

  24. dok, usia saya 16 tahun tapi kok banyak gigi saya yang tumpuk.. yang paling parah dua gigi depan saya itu tumbuh di dibelakangnya.. itu lebih baik di cabut atau di biarkan ya dok?

  25. Dok, umurku 14th gigiku yg geraham kecil berlubang kalo dicabut bisa tumbuh lagi gak?

  26. Dok..umur saya 21 thn..saya habis jatuh dan gigi taring depan saya copot..
    Kira” apa bisa tumbuh lagi ya soalnya gigi ini belum pernah copot sama sekali..
    Terima kasih

  27. Dok , saya Ichwanz 13 tahun ,, tapi kok gigi saya gak tumbuh* ya.? Memang gigi susunya belum dicabut , saya sengaja siapa tau bisa tumbuh gingsul ,, tapi kenapa lama sekali ya dok.?

  28. Dok, adik saya usia 5 thn 8 bln, dan gigi tanggal, padahal gigi baru yang tumbuh belum ada nampak, apa itu normal dok?, padahal giginya belum terlalu goyang dan copotnya saat makan pisang.

  29. Dok, adik saya usia 5 thn 8 bln, gigi seri bawah kirinya sudah tanggal, tapi gigi baru nya belum ada nampak, apa itu normal dok??, soalny giginya juga belum terlalu goyang, dan tiba-tiba copot saat makan pisang.

  30. Dok, adik saya usia, 5 thn 8 blan, gigi seri bawahnya sudah tanggal, tapi gigi baru yang tumbuh belum nampak, apakah itu normal dok??,

Comments are closed.