JNYnita

Macam, Jumlah, Waktu Tumbuh dan Tanggal Gigi

240 Comments

image

Heihoo!!
Dari pada blog ini cuma ngobrolin keseharian saya, mari kita membicarakan topik yang seru yaituuu.. GIGI!! Horeeee!!
*krik.. krik.. krik..*

Rencananya topik gigi ini akan jadi subtopik blog ini dan akan dijadwalin tayangnya, tapi untuk sekarang ini saya belum siap. Insya Allah setelah resmi jadi dokter gigi rencana ini saya laksanakan, jadi yang sekarang anggap aja sebagai sneak peek dan saya tunggu kritik dan sarannya. ^^„

Macam Dan Jumlah Gigi
Secara garis besar, gigi itu ada dua macam yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu merupakan gigi yang tumbuh pada usia 6-30 bulan dan akan tanggal pada usia 6-12 tahun dan digantikan oleh gigi tetap.

image

Gigi susu terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham (molar) sehingga totalnya ada 20 gigi.

image

Pada gigi tetap terdapat 32 gigi, 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi geraham kecil (premolar), dan 12 gigi geraham (molar)*.

Kalau fungsi-fungsi dari berbagai bentuk gigi itu masih pada inget kan?
*Pelajaran SD*

Waktu Tumbuh Gigi Susu dan Gigi Tetap
Gigi itu tumbuh semacam ada urutannya. Untuk gigi susu yang paling pertama tumbuh adalah gigi seri rahang bawah sedangkan untuk gigi tetap gigi geraham yang paling pertama tumbuh. Periode gigi tetap dimulai sekitar 6-7 tahun, sayangnya saat umur segitu anak-anak kebanyakan masih belum telaten ngurusin giginya dan orang tua belum tentu peduli, jadi gak jarang gigi tetap ada yang udah keburu rusak pas masih SD. Sayang banget. :’(

image

Umur yang ada di tabel di atas bisa jadi patokan tentang waktu pertumbuhan gigi. Tapi bukan harga mati, karena umur dentalis setiap anak beda-beda, jadi jangan langsung panik kalau tumbuh giginya gak sesuai ‘jadwal’. Kalau telatnya telat banget, masuk hitungan tahun atau sampe mau masuk SMP masih ada gigi yang belum tumbuh, datanglah ke dokter gigi, selanjutnya bisa dilakukan foto panoramik untuk melihat ada atau tidaknya benih gigi.

image

Contoh foto panoramik**

Serba-serbi..
• Pembentukan email atau mahkota gigi seri susu ▶ 4-6 bulan sebelum tumbuh.
• Pembentukan email atau mahkota gigi taring dan geraham susu ▶ 6-12 bulan sebelum erupsi.
• Pembentukan akar gigi susu 1 tahun setelah tumbuh.
• Jangka waktu periode tumbuh gigi susu ▶ 6-30 bulan (2 tahun)
• Pembentukan akar gigi tetap selesai setelah 3 tahun tumbuh.

Untuk sekarang segini dulu sharing-nya, singkat dan jelas kan ya? Insya Allah dilanjut lagi ke episode berikutnya. *Entah kapan* :P

Untuk post ini masih ada foto comot-comotan, pengennya semua foto punya sendiri. *Sok Idealis*
Doakan bisa terlaksana yaa..

Eh, tapi pada mau gak sih kalau ada subtopik ini?

*Saya lebih suka pake kata molar untuk gigi geraham dan premolar untuk gigi geraham kecil, jadi gak konsisten sih sama bahasa Indonesia, tapi lebih singkat.
**sumber foto panoramik

240 thoughts on “Macam, Jumlah, Waktu Tumbuh dan Tanggal Gigi

  1. aku 17th mau nanya dok, gigi geraham aku ada 4 kiri dan kanan, ada 2 yang patah tapi cuma setengah. Itu gimana ya dok? Masih bisa tumbuh lagi gak?
    Trus total gigi aku cuma 28.

    • Tentang gigi yang patah, kalau giginya udah tinggal setengah kemungkinan besar harus dicabut atau jika masih bisa dipertahankan dengan perawatan syaraf harus dipakaikan mahkota tiruan. jika gigi ini dicabut ya sudah gak bs tumbuh lagi..
      kalau totalnya cuma 28, insyaAllah bbrp saat lagi akan tumbuh gigi baru, kecuali kalau memang gigi itu tidak terbentuk di rahang kamu atau gak bs keluar (impaksi) untuk memastikannya, foto panoramik aja spt yang tercantum di atas..

  2. Salam Dok.. Saya mau tanya, saya pria usia 28 tahun. Sekitar 1,5 bulan yg lalu, salah satu geraham bawah kanan saya dicabut. Saya dengar2, katanya ini bisa menyebabkan gigi graham atas (yg di atas gusi yg ompong) akan turun ke bawah. Benarkah dok, dan kalau benar berapa lama rentang waktunya geraham atas itu akan turun kebawah, jika dihitung dari saat geraham bawahnya dicabut? Thanx before..

    • iya, hal tersebut bisa terjadi..
      selain gigi atas yang akan turun ke bawah, gigi di sampingnya juga akan miring ke daerah pencabutan..
      seberapa cepat gigi itu turun ya tergantung hubungan gigi geligi di dalam mulut.. untuk mencegah terjadinya hal tersebut, segera buat gigi tiruan.

      • Apakah harus gigi tiruan permanen atau bisa gigi tiruan lepasan saja dok? Kalau pakai gigi tiruan lepasan valplast bisa nggak (untuk mencegah itu) ?

  3. Dok saya berumur 13 thn, dan gigi susu saya sudah kropos, jd gimana do?? Masa saya ompong??

    • kalau di usia 13 tahun, biasanya udah gigi tetap semua.. yakiiin gigi yang keropos itu gigi susu bukan gigi tetapnya? kalau gigi susu masih ada pengganti gigi tetapnya, tapi kalau gigi tetapnya yang rusak dan butuh dicabut ya gak ada penggantinya untuk mengatasi ompongnya ya menggunakan gigi palsu..

  4. Anak sy umur nya 1-2 bln. . . .gigi ank saya baru 6 yang tumbuh.pertanyaan sy.apa ada obat perangsang buat pertumbuhan gigi?

    • 1-2 bulan? seharusnya malah belum ada gigi yang tumbuh bu? untuk merangsang pertumbuhan gigi, gak ada obatnya tapi bisa dirangsang dengan memijat gusinya..

  5. assalamualaikum ?? mau nanya ! gigi graham aku yg paling belang yg bawah itu berlubang 2 dan udah parah, solusi tebaik apa ya ? kalo di cabut tumbuh lagi ga ? ditambal ? ganti gigi palsu ? umur sya 17, mohon reply , berhubungan dgn cita2 saya dok

    • Ke dokter gigi dulu, baru dokter giginya yang memutuskan giginya masih bisa ditambal atau harus dicabut.. jika dicabut dan itu gigi tetap ya giginya tidak akan tumbuh lagi dan harus menggunakan gigi palsu, bisa lepas atau cekat…

  6. kak saya mau tanya apa gigi saya masih tumbuh d usia 13 tahun ???

  7. Bagus mba bisa buat informasi, tp saya masih penasaran ,,,,anak saya usia 7 tahun jalan dia copot gigi depan yang atas tapi sudah tiga bulan yang lalau belum tummbuh juga, mohon info lagi donk

  8. SoLusoiNya gImana dok d’cabut apa d’pasang gigi palsU

  9. Assalamualaikum,,,wr,wb,,Dok gini ea,,gIgi graham aku tU udah krOpos 4 buah kanan 2 buah dan kIri 2 buah ,tpi kroposnya udh sama rata dngN gUsi dok dan sekarang umurku udh 20 tHn kira-kira kaLaw d’cabut masih bisa tUmbuh lagI dok,,,kroPosNya itU sejak kLz Lima sD kira” uMur 13 thN tpi waktU itU gc d’cabut LangsuNg dok kira kira kalaw sekarang masih bisa tumbuh lagi gx ya dok kalaw d’cabut,,,trimakasih,,wassalam

  10. Dok gigi saya bermasalah,padahal kata dokter gigi gigi saya bukan termasuk gigi sensitif

  11. assalamu’alaikum, dok umur saya 17 tahun. Dok gigi taring atas dan gigi seri tengah bawah saya masih gigi susu tapi dok gigi tsb sudah jelek apalagi yg gigi seri tengah bawah ada karang gigi dan sudah agak goyang. dok saya pengen nya gigi tsb dicabut. tapi dok kalau dicabut takut ga bisa tumbuh lagi :( gimana ya dok solusi nya?
    satu lagi dok, kalau foto rontgen gigi supaya tau ada benih gigi di gigi taring sama gigi seri itu foto periapikal saja atau foto panoramik saja atau harus foto periapikal&foto panoramik dok?
    terima kasih ya dok :)

  12. jika disaat gigi yang baru mulai tumbuh…
    dan di saat itu pula akan di jabut gigi?
    apa boleh gitu mbak?

  13. malam mbak!
    boleh nanya gg mbak?
    kalau biaya pasang behel itu berapaan ea mbak?
    trus kalau biaya ngebersihin karang gigi berapaan ea mbak?
    trus biaya masang gigi palsu kiria2 biayanya berapaan ya mbak?

  14. owh gitu ya dok…
    jadi itu masih bisa tumbih lagi gak dok?
    soalnya gigi itu belum pernah tanggal…
    trus kalau kita pakai gigi palsu bisa gg dok?

  15. Assalamualaikum dok…
    saya mau tanya..

    dok…
    saya sekarang berumur 17 tahun, duduk di kelas 3 smk…
    gini dok..
    gigi geraham bawah saya yang paling belakang itu berlobang…
    trus lama kelamaan gigi saya itu patah, tapi tidak sekaligus semuanya dok…
    jadi masih ada sisanya..
    trus dok..
    itu masih bisa di tambal gak?
    kalau gak, kalau dicabut masih tumbuh gak dok?
    oh iya dok…
    kenapa ya jumlah gigi saya tidak 32?
    gigi saya hanya 28…
    14 gigi atas
    14 gigi bawah..
    thanks ya dok…
    wassalam….

    • Waalaikumsalam… tergantung patahnya semana dek, masih bisa ditambal atau tidak.. klo tidak bs ya dicabut dan jika gigi itu dicabut sudah gak ada gantinya lagi. Usia 17 tahun, wajar kalau giginya masih berjumlah 28, bagusnya foto ronsen untuk memastikan giginya tumbuh dengan benar atau tidak, jika tidak ya bisa dilakukan pencabutan

      • terimaksih Dok karena sudah mau balas…
        patahnya itu udah sampai rata dok ama gusinya…
        trus sekarang dok…
        bagian gusi belakang gigi saya itu dok kemarin sempat ada benjolan di bagian gusi dlamnya dok..
        jika saya menelan, terasa sakit dok
        trus..
        sekarang benjolan itu udah mengeras dan gusinya membengkak…
        kira-kira itu apa ya dok?
        apa gigi belakang saya mau tumbuh dok?

        • Jika giginya udah rata dengan gusi itu namanya sisa akar, udah harus dicabut. Utk benjolan di belakang, bisa saja itu krn gigi yg mau tumbuh, semoga pertumbuhannya lancar.. ^^„

  16. Dok saya sdh berumur 17thn tetapi gigi saya masih gigi susu, apakah ada masalah dengan gigi saya sehingga tidak mau berganti menjadi gigi dewasa?

  17. dok mau nanx ni.. ada ngak obat penghilang plat” gigi.. dan apa sja nma obat penghilang sakit gigi…
    makasi dok..

    • Plat2 gigi maksudnya karang gigi? Karang gigi baru bisa dibersihkan di dokter gigi, ada alat khususnya.. untuk obat sakit gigi ya ke dokter gigi.. :)
      Obat minum atau yang disumpel di gigi cuma meredakan gejalanya saja namun tidak mengobati penyakitnya.. :D

  18. dok, umur saya udah 15 tahun tapi gigi susu saya masih belum lepas dan ada 2 gigi atas yang gak tumbuh dari 4 tahun lalu.
    kira2 saya harus bagaimana ?

  19. Tapi abis minum asi tu lngsung tidur dok susah klo dibersihin nantinya malah nangis marah g mw tidur susah jg,.,hemm….bukan pnyakit serius kan bun klo lidah bercak kaya mmbentuk pola2 gitu sperti sariawan warnanya putih…dilangin pke washlap jg gk bisa…

  20. Iya dokk saya sendiri yang mnyikati giginya dok….anak saya sllu nenen asi klo mw tidur gitu dok….klo sufor hnya tiap pagi sama sore…,1 lg dok ank saya dr kecil lidahnya jg bercak kata orang itu gom udh diobati jg g ilang2 tp buat makan nya ttp lahap apa saja anak saya doyan…

  21. Dok ank saya umur 2 thn…rajin bgt gosok gigi?tapi gigi seri atas nya dah keropos gigi lain yg baru tumbuh jg kuning gitu kaya plak…sy jd bingung knp?apa bisa gigi keropos nya kmbali seperti semula klo dbw ke dokter gigi….sy g mw ank saya reges ,bls y dok

    • Sikat gigi sendiri atau ibu yang nyikatin? Kalau anaknya sikat gigi sendiri untuk usia 2 tahun ya belum bisa. Hingga usia 7 tahun, orang tua masih hrs bertanggung jawab atas kebersihan mulut si anak. Selain itu, anak ibu suka minum susu pada saat tidur? Itu bisa jadi penyebab giginya reges walau rajin menyikat gigi.

      Anak sudah bisa diajak ke dokter gigi sejak usia 1 thn, sebelum ada masalah di giginya. Jika ke dokter gigi, gigi yang berlubang bisa ditambal dan gigi yang kuning bisa dibersihkan. Sebelum ke dokter gigi orang tua janjian dulu dengan dokter giginya, supaya bisa dibicarakan bagaimana menangani si anak 2thn supaya kunjungan ke dokter gigi pertamanya menyenangkan. ^^„

  22. dok,maaf tanya lagi..kenapa hrs bw gigi yg leps k doktr gigi?

    • Karena kalau segera datang ke klinik, kondisi gigi baik, ada kemungkinan gigi bisa ditanam lagi.. selain itu untuk melihat bentuk patahannya supaya ketahuan lepasnya seluruh bagian gigi atau cuma sebagian.

  23. dok,anak sy umr 2 thn 7 bln,gr2 kebntur meja,gigi serix 1 lepas.itu bhaya tdk y dok?perlu mnm obt tdk dok,krn td darhx lumayn?

    • Perlu banget minum obat pak, krn sakit banget pastinya :’(,, beri minum obat panas yang biasa diminum dulu pak, lalu langsung ke dokter gigi sambil bawa gigi yang lepas itu…

  24. Dok, metode jaket gigi itu gmna sih ? butuh berapa lama untuk melakukan metode itu ? Bales dong. Makasih.

  25. Dok saya mw tx, anak saya umur 2 tahun 4 bulan, tp dah mulai mengeluh sakit gigi, gigi gerahamx dah mulai berlubang n gigi seri atas jg dah keropos, kira2 penyebabnya apa ya dok? Trus gmn cara ngobatin skit gigix? Makasi dokter :)

    • Waalaikumsalam..
      Sudah mengeluh sakit gigi kemungkinan besar penyebabnya adalah gigi susu yang sudah berlubang itu. Ibu pernah sakit gigi? Walaupun gigi anak ibu masih gigi susu, jika sakit gigi rasa sakitnya sama seperti orang dewasa. Tapi sayangnya si anak belum bisa mengekspresikannya, seringkali berimbas dengan rewel, tidak mau makan, dan sebagainya.
      Solusinya ya ke dokter gigi bu untuk dilakukan perawatan pada giginya, setelah semua masalah di giginya tuntas biasakan anak membersihkan giginya dengan rutin, jaga pola makannya dan kontrol ke dokter gigi 6bln sekali. Jangan tunggu sampai sakit.

  26. Saya mau tanya dong,akukan berumur 15 tahu gigi geraham saya yang bawah yg pling belakang dan kedua dri belakang lubang klo sy cabut bisa nggak tumbuh lagi??

    Pleasee bls donk.

  27. Dok saya mau tanx umur sy kan 15 tahun,gigi geraham sy yg dibawah kan lubang tpi agak besar lubangnya klo sy cabut bisa nggak tumbuh lagi atau tidak bisa??

    • Klo udah berumur 15 tahun, gigi yg berlubang besar itu kemungkinan besar adalah gigi tetap, jika dicabut gak ada gantinya lagi… segera ke dokter gigi yaaa, siapa tau masih bisa dirawat.. ;)

  28. Dok, sya mw tny. Umur sya skrg 21 th. Gigi seri sya yg bwah ad yg belum tanggal. It msih gigi susu. Apabila giginy it d cabut, msih bsa tumbuh g’ ea dok?
    Mohon bLsnny ea dok.
    Terimakasih

    • Klo udah umur 21thn, kemungkinan besar gigi susu dicabut gigi tetapnya belum tentu tumbuh, krn pasti ada ‘sesuatu’ yang bikin gigi tetap itu gak tumbuh dengan normal,, untuk memastikannya di foto ronsen aja..

  29. Mbak, mau nanya dong..
    Umur saya 17 thn, saya baru cabut gigi geraham bawah sebelah kiri karna giginya sudah berlubang dan nyeri..
    Saya prhatikan kok bkas pncabutannya sperti lubang yg dlm, apakah akan tumbuh gusi utk menutupi lubang bekas pencabutan itu atau tidak?
    Kalau iya berapa lama prosesnya?

    • Setelah pencabutan gigi tetap emang akan cekung untuk sementara waktu, sekitar sebulan akan menutup gusinya tapi tergantung kondisi kebersihan mulutnya juga, kalau banyak makanan di daerah yang cekung itu bisa bikin penyembuhan makin lama… Dan lukanya jangan dimainin supaya tidak infeksi.

      • Ohh gitu..
        Tapi kalau makanan suka masuk k dalam lubang bekas cabut gigi tsb..
        Saya prnah konsultasi kedokter gigi, katanya gak boleh kumur2..
        Trus gmna dong cara ngilangin sisa makanannya? Apakah saya mengeluarkannya dengan tusuk gigi?

        • Gak boleh kumur kenceng pada saat darahnya masih ada (pas baru cabut gigi),, kumur pelan aja, sikat gigi spt biasa.. klo pakai tusuk gigi malah jdnya mainin bekas luka, hehehe,, santai aja ntar bakal nutup kok,, :D

  30. Anak sy umur 5th gigi bawah graham paling belakang lubang dan rusak gmn solusinya? Apkah gigi graham paling belakang akan tumbuh kembali?

    • Solusinya jika masih bisa dirawat atau ditambal ya dilakukan perawatan.
      namun jika sudah bisa ya dicabut lalu dipasang alat supaya gigi geraham tetap yang akan tumbuh pada usia 6-7 tahun bisa tumbuh pada posisi normalnya, jika tidak dipasang alat gigi tersebut akan tumbuh lebih ke depan dan menyebabkan gigi tetap di depannya tidak ada ruang untuk tumbuh sehingga bisa berjejal.
      Gigi geraham susu jika tanggal akan ada penggantinya namun br akan tumbuh pd usia 9-10thn.

  31. dok, gigi graham saya yg no 2 dari belakang goyang dan berlubang padahal udah di tambal cuma lepas lagi makin keropos sekarang, apa cabut aja dok? apa bisa tumbuh lagi? usia saya 14 tahun

    • Ke dokter gigi aja,, nanti dokter gigi yang menentukan gigi itu masih bisa dipertahankan atau tidak. Kalau masih bs dipertahankan ya jangan dicabut.. gigi itu mahal, sekalinya dicabut efek sampingnya bisa banyak. :)

  32. Malam dokter, sy umur 25 thn. Gigi saya bagian seri atas sebelah kanan patah waktu makan sblmnya emg sudah rapuh. Apakah bisa tumbuh lagi? kalo tdk apakah bisa dikasih gigi palsu? Thanks

  33. Malam Dokter .. Anak saya (mau 7 tahun) baru saja cbut gigi sulung geripisnya .. karene ggigi penggantinya udah mau keluar..; tapi kok posisinya agak di depan ya. Jadi sekarang di belakang gigi penggantinya terlihat lubang gusi gigi yang lama… Apakah nantinya posisinya bisa kembali semula ataukah harus pasang behel. Thanks dok..

    • Selamat malam.. :)
      Karena gigi susunya geripis, gigi tetapnya sering tumbuh di lokasi yang tidak semestinya, sehingga sering terjadi gigi tetap sudah tumbuh namun gigi susunya belum tanggal yang dinamakan persistensi gigi sulung.
      Setelah pencabutan, wajar kalau gusinya menjadi cekung, namun setelah penyembuhannya tuntas gusi akan kembali normal.
      Untuk gigi tetap yang maju ke depan, butuh dilakukan perawatan ortodonsi, bisa menggunakan alat lepasan atau cekat (behel) tergantung keparahan kasusnya.
      waktu paling tepat untuk pasang orto adalah di usia gigi campur, 6-12 tahun, karena tulangnya masih dalam proses perkembangan (belum sepadat tulang orang dewasa) sehingga menggerakkan giginya akan lebih mudah.

  34. dokter, usia saya 18 tahun, gigig saya yang atas depan, patah 2, kira-kira klu dicabut bsa tumbuh lagi?

  35. Dok emang kalau mw lihat benih ada yg di lihat doang apa harus di ronsen soalnya saya pernah ke dokter tapi tdk di foto ronsen cuman di lihat doang

    • Gigi yang akan tumbuh bs terlihat scr klinis, gusinya akan sedikit ‘bengkak’ dan agak putih. Tapi kalau benih giginya masih di dalam tulang, secara klinis gak akan terlihat, oleh krn itu butuh ronsen…

  36. Dok mw nanyanih. . .
    Umur saya 12 Thn,klo gigi graham yg Dkt gigi Taring itu Masih bisa tumbuh gx dok?

    • Geraham apa dulu dek? Kalau gerahamnya masih gigi susu, jika dicabut masih bisa tumbuh lagi. Namun kalau itu geraham tetap ya sudah tdk ada gantinya lagi apabila dicabut.

  37. Dokter,anak saya umur 8 tahun 5 bln, jatuh dan gigi seri patah 2, kl di cabut apa bisa tumbuh lagi

  38. Dok.anaku 2 tahun 8 bulan..kmrn jatoh dan kena 2 gigi depannya.kondisinya setelah jatoh giginya rontok bagian depan dan skrg sisa setengah tp goyang..si anak tidak mau minum susu pk dotnya seperti biasa krn sakit..apakh kena syarafnya?

    • Kemungkinan besar kena syaraf bu, apalagi apabila giginya sampai berdarah.. Saran saya ke dokter gigi utk dilihat keadaan giginya, harus segera ditangani bu, jika tidak akan mengganggu pola makan, takutnya daya tahan tubuhnya menurun..

  39. bu,saya mau tanya?anak saya umur 17 bulan jatuh trus gigi depan sebelah kiri patah setengah?apakah masih bisa kembali ke normal?n tindakan selanjutnya gmana?terimakasih..

    • Insya Allah bisa bu.. tergantung kerusakan giginya, jika belum kena pulpa giginya bisa langsung ditambal. Namun bila parahnya sudah kena pulpa, butuh perawatan syaraf dulu, lalu dibuatkan Mahkota tiruan.

  40. Assalamu’alaikum dok,anak saya waktu umur 3 th gigi depan atas dicabut karena akar giginya keluar,tp sampai sekarang umurnya dah 7 th koq belum tumbuh ya dok?

    • Waalaikumsalam bu.. seharusnya gigi tetap atas tumbuh di usia 6-7 tahun, namun usia tumbuh anak bs bervariasi. Jika ibu ingin mengetahui posisi gigi tetapnya, ibu bisa ke drg dan minta foto ronsen.

  41. bu dokter saya mw tanya, umur saya 22 thun ko gigi geraham bisa tumbuh lagi tw tidak,
    soalnya gigigeraham bawah, soalnya tdina gigi saya berlubang dan saya makan siping gigi saya patah, klo di cabut bisa jadi lagi gk dok

  42. Hallo Dokter mau nanya dong anak saya umurnya 10 tahun , gigi seri yang atas ada 2 yg sudah tanggal selama 6 bulan dan sampai saat ini belum juga tumbuh. Apa penyebabnya ya Dok? Mohon penjelasannya.makasih

  43. Dok anak saya umur 2 tahun tp kenapa ya giginya kok ŬϑȃƗƗ pada keropos, apa ada pengaruh gara2 minum susu ya dok terus kira2 tumbuh lagi umur brp ya dok ?

    • Iya,, minum susu pas tidur bisa bikin gigi keropos apalagi jika susunya tinggi kadar gulanya.. saranku, setelah minum susu dikumur air putih dan 30 menit setelahnya giginya disikat. Anak umur 2 tahun motoriknya belum terlatih, jadi orang tuanya yg harus telaten merawat gigi anak. Gigi dewasa pertama kali tumbuh rata2 pd usia 6 tahun.

  44. hallo dokter….saya mo tanya ni….putri saya brumur 7 tahun gigi serinya sudah tanggal 2 bag bawah, gigi taring bawah juga sudah tanggal 2,tetapi gigi atasnya belum dok…malah gigi geraham kanannya tanggal karena rapuh dok…jadi copot dikit dmi sdikit…itu gmn ya??tapi gigi grahamnya akan terganti kan dok??

    • Gigi bawah memang tanggal & tumbuh lebih cepat drpd gigi atas.. jd santai aja bu.. :)
      untuk gigi geraham, tergantung gigi geraham apa yang sudah keropos, gigi susu atau tetap? Kalau gigi susu, nantinya akan tumbuh gigi pengganti. Namun kalau gigi tetap, apabila rusak & harus dicabut sudah tidak ada gantinya lagi.

  45. Mbak, untung aku nemu blog ini… mau tanya dong… anakku yg kedua, cewek, 16 Desember nanti umur 2 tahun. Gigi seri yg bawah sampe sekarang cuma 2.. gimana dooong? Hik.. hiks… jadi gigi2 yg bawah jarang gitu antara gigi seri dan taringnya. Nanti nasib gigi permanennya gimana? Makasih sblmnya

  46. Dok, umurku 13 thn. Gigi taring ku goyah, kalo di copot tumbuh gk ya? Itu masih gigi susu kok.. Dulu gigi taring ku yg satunya copot juga, tp kok tumbuhnya lama ya sekitar 1 thn?

    • Tergantung dek,, posisi gigi tetapnya ada di mana, arah pertumbuhannya ke mana, ruangnya cukup atau nggak, bagusnya ke dokter gigi dek supaya jelas bisa dilihat klinisnya..

  47. Dok saya mau nanya , gigi taring atas yg di sebelah kiri saya udah patah dua kali tpi tumbuh lgi gigi baru, sementara umur sya udah hampir 14 tahun nah , apakah itu normal atau bagaimana dok ?

  48. saya mau tanya. saya berumur 19 tahun, gigi geraham belakang bawah saya sering sakit ngilu. kalo saya lihat seperti tumbuh. emang usia saya masih bisa tumbuh dok?
    saya juga sering sakit sariawan itu kenapa?
    tolong bales
    terimakasih sebelumnya :)

  49. kalo gigi susu belum tanggal sampai umur 27, dan ternyata saat di rontgen, benih giginya terhambat.. (kaya foto panoramik di blog ini) bisa ga sih di tarik pake behel? katanya harus operasi kecil dulu yah biar bisa di behelin?

  50. saya mau tanya anak saya umur 15 bln , gara” jatuh gigi nya lepas trus apa bisa tumbuh lagi ???
    tumbuhnya brapa kali

    • InsyaAllah bisa tumbuh lagi asal pertumbuhan gigi tetapnya tidak terhambat krn trauma.. jika gigi tetapnya sudah tumbuh, kalau rusak tidak ada gantinya lg, jd dijaga baik2 ya bu.. (=’.’=)

  51. dok umur saya 16th gigi saya yang taring d.cabut krna bkal ada calon gigi tetap di atasnya, tp akankah lma prtumbuhan.nya ? trus prtumbuhannya bkalan normal nggk?

  52. Saya ingin bertanya, saya berumur 21 tahun dan gigi depan saya yg atas masih gigi susu karena gigi permanen saya tertahan oleh gigi susu yang belum tanggal dan ada benih gigi tambahan di atas gigi susu. sebulan yang lalu saya sudah operasi pengambilan gigi susu dan gigi tambahan, sedangkan gigi permanen yang tertanam di dalam masih dipertahankan. Sekarang saya memakai gigi tiruan sembari menunggu gigi permanen saya turun ke bawah. menurut dokter apakah gigi permanen saya akan turun di usia saya yg ke-21 karena skrg sudah tidak ada penghalang gigi apapun? yang kedua, berapa lama kira-kira tumbuhnya?dan apakah apa makanan atau sesuatu khusus yang merangsang turunnya gigi permanen tersebut agar cepat karena gigi saya tidak bisa dirapihkan sebelum gigi itu turun? terimakasih :D mohon infomasinya

  53. Dulu habis kecelakaan,,, terus gigi saya gerak. Tapi setelah enam tahun kok gigi saya masih ngilu yah….

    nice info

  54. umur : 16 th
    kluhan : ggi tring rahang atas sya patah,kecil,pndek,kropos. akhir2 ini kya ada bkal calon gigi di atasnya. mslhnya klo sya cbut ggi taring.ny apakah ggi ttap yg d.atasnya tmbuh kebawah dngan normal, bagus, dan sempurna?

  55. saya umur 17 tahun dan saat ini tiba2 gigi geraham bawah tumbuh :)

  56. mbak mau nanya nih, gigi seri bawah paling depan aq patah, tapi ndak sampe copot n g bedarah gra2 mkan dngan sumpit, n kegigit sumpitnya :D , (nggigitnya trlalu kras), apakah di biarin aja? apa lngsung di cabut, dan apkh bsa tmbuh lagi? umur saya 21 thn.

  57. dok, saaya umur 14 tahun, gigi saya lepas 2 karena kecelakaan, apakah bisah tumbuh lagi?

  58. Yang geraham bawah

  59. Kalau umur mau 14 tahun apa bisa gigi tumbuh lagi ???

  60. Mbak , umur sya 13 tahun , kemaren gigi taring dan geraham sya tanggal karena goyah , apakah bsa tumbuh kembali ya ???
    Mksih :)

  61. mbak,
    dulu gigi saya patah gara2 makan tebu,
    patahannya tu gk keangkat smua…
    pas usia saya 18thun skarang tiba2 tu gigi copot pas makan tpi gk da darah nya,
    gigi nya no2 dari blakng….
    apakah gigi nya tu msih bisa tumbah gk mbak …???
    makasih sbelumnya….

  62. Dok saya prempuan usia 21 tahun. Gigi geraham saya no 3 dari belakang berlubang, sdh di tambal tapi tambalannya lepas, tapi belum pernah di cabut waktu kecil. Yang saya mw tanya kalo saya cabut gigi itu apa masih bisa tumbuh lagi gak gigi nya ??

  63. dok gigi taring saya baru goyang padahal gigi taring permanen sudah tumbuh di sampingnnya, apa gigi bisa kembali kencang atau harus dicabut

  64. dok anak saya 13 bulan giginya dari umur 8 bulan atas ada 4 dan bawah ada 2 gak nambah2 sampai sekarang.
    trus 2 bulan belakangan makannya di kemut, jadi giginya jadi kuning dan berkarang.
    harus gmn ya dok merawat gigi bay?? secara masih blum bisa gosok gigi< perlu tidak dibawa ke dokter gigi??

    • Untuk gigi yang lbh lambat tumbuhnya, santai aja bu karena usia dentalis anak memang berbeda²…
      Untuk membersihkan gigi bayi, ada sikat gigi khusus bayi yang dipakaikan di jari ibu, cuma memang agak susah dicari.. untuk anak 1 tahun, sebenarnya sudah bs pakai sikat gigi biasa yang sesuai dengan umurnya, tapi yang menyikat tetap ibu.. Bisa juga dibawa ke dokter gigi spesialis anak untuk tau masalah gigi dan penanggulangannya secara lengkap..

  65. dok, mau tanya..
    Udah 2 minggu gusi setelah geraham terakhir (gigi susu) anak saya bengkak, oh iya usianya 2 tahun 3 bulan,, ketika awal bengkak, badannya panas cukup tinggi 38.9 dan sakit sepanjang malam,, tapi setelah 2 hari dan saya kasi panadol sirup panasnya turun dan sakitnya jadi jarang (jadi kambuhan sewaktu2) saya fikir mau tumbuh geraham tetap yang pertama,, setelah saya browsing,, ternyata geraham tetap pertama tumbuh setelah usia 5 tahun,,, akhirnya tadi saya pergi ke dokter gigi… drg nya juga tidak bisa menerka itu kenapa dan saya disuruh rontgen dulu,, apa memungkinkan dok anak usia segitu tumbuh geraham ke 3 atau geraham tetap pertama? Kl gak mungkin, kira2 itu knp y? Karna saya pegang keras dan warnanya sudah memutih. Cuma udah 2 minggu ko gak nerobos2 giginya. Thanks sebelumnya,, panjang bgt ya?? Hehehehe

    • Waduh, aku juga gak tau, hehehe.. emang harusnya dironsen dulu sih, utk kadar radiasi insyaAllah gak apa-apa karena sebenarnya kadarnya termasuk kecil plus saat difoto kan pakai pelindung (apron), berbahayanya lbh cenderung ke pekerjanya yang terpapar radiasi setiap hari. Tapi permasalahannya anak umur segitu susah diatur untuk diam beberapa detik, hehehe…
      Setelah dironsen baru bisa ditentukan diagnosis & cara penanganannya…

  66. Dok mw tx, kalo misalx salah satu gigi geraham tetap kita udah di cabut 1 di umur 20′an karena berlubang, apa gigi bungsu paling belakang yang tumbuh di umur21-30′an itu bisa tumbuh dengan normal(gak ada keluhan-keluhan),, kan sudah ada tempat buat gigi bungsu yang bakal tumbuh karena satu gigi gerahamx udh d cabut???

  67. Dok , mau nanya donk :)
    usia sy 18 tahun , gigi bagian kanan rahang bawa dan bagian kiri rahang atas sy ada yg bolong :(
    yg bgian bawa udah prnah d’tambal 7thn lalu n skrng tambalan’y udah lepas dan sakitnya minta ampun pipi sy jg bengkak sampai 2 hari ini bdan sy pnas dingin, meriang …
    Jd , td d’bwa k’dokter untuk periksa darah krn d’kira ada malaria pdhal krn leukosit sy tinggi . Kata’y pnyebab’y krn gigi sy .
    Dan gigi atas bgian kiri sy jg brlubang dan skrng sy tdk ngunyah.
    Gigi sy smua brjumlah 28 . Trdiri dr 14 gigi atas n 14 gigi bwah . Jujur sy udh lupa tntng nama” gigi , tp yg pasti kalo d’htung dr gigi pling ujung d’bgian dlam , gigi” sy yg lubang trletak d’urutan k’2 . Gigi atas dan bwah lubang’y d’urutan k’dua dr bgian dlam . Dan skrng gigi yg sakit bgian bwah jg goyang . Sy mau tanya , kalau 2 gigi yg lubang itu d’cabut apa bs tumbuh Lg ?

    • Gak bisa, itu udah gigi tetap..

      Utk membantu fungsi pengunyahan, setelah dicabut harus pakai gigi palsu.

      Cepet sembuh ya… untuk selanjutnya kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali, jangan nunggu sampai bengkak, lebih baik mencegah drpd mengobati, oke? Y(^_^)Y

  68. dok, q mau nanya dong. umurku kan sudah 21 th tapi kayanya q numbuh gigi lagi dok, gigi atas yg paling ujung.. ko sakit banget yaa dok… cara mengatasinya bagaimana dok?? trims

    • Wajar klp umur segitu masih ada yang tumbuh, kan masih ada gigi geraham plg ujung yg tumbuh umuran segitu.. kalau sakit, cek ke drg dulu untuk mastiin giginya tumbuh dengan arah yang benar, setelah itu akan ketauan penyebab sakitnya apa. Tapi gigi tumbuh di umur segitu memang wajar sakit, karena tulangnya sudah lebih padat dan gusi yg ditembus jg lebih tebal. :)

  69. permisi.. kalo misal umur 18 th gigi depan bolong 2 ..satunya kropos sedikit.. yang satunya berlubang dan berwarna hitam….
    pertanyaan sya kalo di cabut gigi yang berwarna hitam udah nda bsa tmbuh lagi? jadi harus pake gigi palsu?… atau bsa di tambal??

  70. Mba… Anak sy wkt tgl 29 april cbut gi2 tengah atas 2 bji k dr gi2 krn jatuh,goyang trus anakny mnta d cbut. Wktu tuch usianya dah 6 thun. Smpai skrg blom nmbuh. Sy khawatir anak sy ompong slamanya. Knp sprti itu? Bsakah gi2 anak sy tmbh kmbli?

    • Gigi yang ducabut itu gigi tetap atau susu? Kalau gigi tetap ya sudah gak ada gantinya.. kalau ragu, bisa foto ronsen sehingga kelihatan ada benihnya atau tidak…

  71. Mau tanya mbak, anak saya usia 11 thn kelas 6 SD gigi depan atas ada sebagian yang belum tumbuh, kenapa ya?Dari hasil foto panoramik gigi bakalan nya ada tapi belum turun…Apa yang harus dilakukan supaya cepat tumbuh?Ada gak vitamin atau suplemen untuk merangsang pertumbuhannya?…Terima kasih.

  72. Dgn cara apa untuk mempertahankannya??

  73. Gk karna apa-apa.. Goyang aja tiba-tiba

    • Itu udah pasti gigi tetap yang goyang? Klo gigi tetap dicabut ya gak bs tumbuh lagi.
      Km ke dokter gigi ya.. ada penyakit gusi yang ciri khas-nya pd remaja dengan goyang gigi depan atas.. klo gigi goyang itu gak harus dicabut, masih ada perawatan lain utk mempertahankannya

  74. Dok aku mau nanyak nii.. Gigik depan atas saya goyang, kalau saya cabut apakah bisa tumbuh lagi?? Umur saya 13 tahun..
    Mohon solusinya

  75. Aq mw tany ni,,
    Anak q usia 2 th,,, tp gigi dpan ny dh pda rusak geraham ny pun dh bolong,,,
    Bisa g klo gigi graham ny d cabut,,
    Krna kasihan klo lgi sakit gigi bolong ny,,,

    • Sayang banget usia segitu giginya udah dicabut, fungsi gigi susu itu banyak banget: pemandu pertumbuhan gigi tetap, estetika, fungsi pengunyahan. Yang kalau dicabut sebelum waktunya bs bikin gigi tetap tumbuh gak beraturan, anak kehilangan kepercayaan diri (hal yg sering disepelekan pdhal penting!), anak jd susah mengunyah ⇨ gizi anak terganggu, pdhal di usia segitu gizi sangat penting untuk pertumbuhan & perkembangan.

      Kalau gigi anak sering sakit, saran saya ke dokter gigi spesialis anak (Sp.KGA), karena anak masih sangat kecil & prioritasnya adl mempertahankan giginya baik dengan ditambal atau perawatan syaraf, jika pun harus dicabut, drg.Sp.KGA bisa ngasih alat supaya fungsi estetis & pengunyahan bs berfungsi normal.

      • Jd bisa d tambal gigi ny untuk usia segitu,,,
        Terima kasih

        • Bisa… nyabut gigi malah lbh kompleks Mbak, krn akarnya msh panjang.. nanti pas di kursi drg, mbak mangku anaknya… lbh baik janjian dulu sm drg.nya, diomongin dulu skenarionya supaya anak gak takut.

  76. Halooo,,,mb aku mau tanya nih…
    Anakku umur 6,5th.gigi susu komplit n masih bagus,putih bersih.tapi,sekarang mau tumbuh gigi baru di belakang gigi susunya.posisi gigi yg mau tumbuh di rahang bawah tengah ada dua gitu…
    Aku takut nih mb,ntar giginya jadi numpuk2 gt maklum doi anak perempuan…
    Mohon bantu infonya donk mb…makasii

    • Itu namanya persistensi Mbak, gigi tetap udah tumbuh tapi gigi susu belum tanggal. Penyebabnya bisa karena rahang si anak perkembangannya kurang atau gigi tetapnya tumbuh tidak sesuai jalur. Solusinya: gigi susunya dicabut. Setelah dicabut gigi tetapnya bisa didorong dengan tangan atau gagang eskrim supaya bisa tumbuh di tempat yang semestinya. Atau bisa juga pakai kawat, paling bagus pakai kawat, karena selain mendorong gigi sehingga susunannya baik tapi juga bisa memperbesar lengkung rahang sehingga punya ruangan utk gigi tetap yang akan tumbuh.

      • bu nita..mw tanya ni, umur saya 27th sya kemarinkan habis rontgen gigi..dan untuk gigi taring saya yg atas sblah kiri msh gigi susu..dan hasil rontgen’nya menunjukkan klu ad bakal gigi di atas gigi susu taring saya tapi udah besar n agak jauh diatas letaknya.. // yang saya mw tanyakan apakah klu gigi susu taring saya cabut..bakal gigi dewasa saya bisa turun atau tumbuh menggantikan gigi susu taring saya?? kmrn saya udh konsultasi ke dr.gigi umum..dan saya malah disuruh utk konsultasi lg ke dr.spesialis gigi orthodonti… tksh penjelasannya. :)

        • Kalau dari ceritanya, aku menangkap kalau gigi Mas itu impaksi atau tidak bisa tumbuh, hal ini termasuk sering terjadi. Kalau gigi susu dicabut, tetap tidak bs tumbuh dengan sendirinya.

          Benar saran dokter giginya Mas utk rujuk ke dokter spesialis orto. Prosedur yang nanti dilakukan adalah dengan cara pembedahan, lalu gigi taring yang gak bisa tumbuh itu ditarik dengan kawat (behel) sehingga akhirnya menempati posisi yang seharusnya.

  77. buk dokter saya aisyah .. saya punya gigi taring udah lepas .. eh tapi sekarang gak tumbuh lagi :(

  78. Aku mau nnya nih bu dokter, aku pnya 26 gigi seluruhnya seharusnya kan 28 gigi tuh umur 13 ? Apakah msih ada ya gigi ku yg akan tumbuh. Rahang atas gigi ku berjumlah 14 sdgkn yg bawah jumlahnya 12 . Mohon dijwb ya:)

    • Masih… 2 gigi bawah paling belakang insya Allah sebentar lagi akan tumbuh tuh… sabar aja, telat2 dikit gpp lah, sabar saja menanti .. (=^.^=)
      Trus pas umur 18-21 akan tumbuh 4 gigi lagi, tp tergantung rahangnya cukup apa nggak ..

  79. Wah makasih infonya… Aku sdkt bingung kl ditny brp jumlah gigi anakku. Tp skrg kl di tny aku udh nemu jwbnnya.
    Anakku usia 17 bulan, giginya sdh 18 dan skrg sdg numbuh 2 gigi terakhirnya., jd bakal komplit 20.
    Ma kasihhh …

  80. ibu dokteer, gigi saya berlubang :(

  81. anakku baru tumbuh 2 giginya..:D

  82. sipp Nit …, langsung menyebarkan ilmunya ya….
    bunda sih cuma dikit nulis pergigian

  83. Hoooo. Seru Nit. Jadi nambah ilmu soal pergigian. :’D

  84. Saya dulu pernah pakai kawat gigi mbak, tapi gak betah .. jadi giginya agak berantakan sekarang :(

  85. pernah denger pangur ndak nit?
    itu kalau kampungku, gigi suka dikikir biar rata, akibatnya gigi taringpun seperti gigi seri
    menurut medis (dok gigi) punya efek ndak? baik ndak?
    trim jawabnya..
    langsung request
    #aji mumpung :lol:

    • Tau aku, mamaku jg diasah giginya, dianggap begitu yg bagus *jaman dulu*

      Dr segi kesehatan, itu ganggu struktur gigi, email yang merupakan pelindung gigi malah dikikis kuman2 jd gampang masuk, warna makanan & minuman jg lbh cpt terserap gigi jd bikin warna gigi jg gak bagus.

      Selain itu, gigi taring merupakan pilar wajah, orang yang gak punya gigi taring jd kurang berkarakter.

  86. Wah, jadi sampe umur 33 gigi kita masih bakal ada yg numbuh ya mbak :O

  87. Setujuuuu…
    Asyik nih, bisa dpt bacaan penting pastinya ;)

  88. Pertanyaanku, wahai dokter gigi, haruskah geraham bungsu dicabut? Sampai sekarang belum ngerasa keganggu soalnya — tapi gemes banget kalo sikat gigi yang paling belakang malah nggak terjangkau.. :|

    • Tergantung wahai dek Nadya.. giginya kan gak ngasih keluhan, klo posisi giginya bagus ya dipertahanin aja.. klo takut giginya berlubang krn bersihinnya kurang optimal, dtg ke dokter gigi dan minta giginya dikasih pit&fissure sealant dan kontrol 6 bln sekali minimal utk bersihin karang gigi & deteksi ada atau nggaknya lubang baru.

  89. Haha,materi biologi ini…
    bermanfaat mbak…

  90. Kakak ku juga dokter gigi mbak omongannya kayak mbak gini kalo lagi dirumah. Molar 1 Molar 2 premolar dll aku cuma bisa :o hahahah

    Paling sebel kalo geraham belakang yang paling bawah lagi tumbuh sakitnya bisa guling2 dan gusinya kan bengkak jadi pas aku makan suka kegigit :(

  91. apakah gigi susu memang berwarna kuning, soalnya gigi Miza kuning padahal sering sikat gigi

  92. sumbernya panoramik, berasa ada dukunnya asterix..

    itu semua gigi ada fungsinya kan? ceritain dong kalu satu gigi ga ada nanti gimana, kan kenapa bisa gingsul ato gimana.. perawatan gigi yang baik gimana?

  93. Mau tanya dong… kenapa gigi tetap anak saya selalu numbuh duluan sebelum gigi susunya copot. Jadinya dempet gitu deh dan gigi susunya harus dicabut biarpun belum goyang.
    Suka deh kalo ada topik begini. Kebetulan banyak masalah gigi yang saya nggak ngerti.

    • Itu namanya persistensi Mbak, penyebabnya bs macem2..
      klo gigi susunya jelek bisa krn infeksi dr gigi susu yang nyebabin akarnya seperti ‘nempel’ sama tulang, bisa juga krn gigi susunya susah diresorbsi akarnya, bisa juga krn si gigi tetapnya tumbuhnya salah jalur.. lbh jelas klo pake gambar sebenernya.. kumasukkin ke calon tulisan deh. :)

  94. jnynita said:
    Eh, tapi pada mau gak sih kalau ada subtopik ini?

    mau… mau… mau…!

    Bakal seru juga nanti kalo dilanjut dengan macam-macam penyakit gigi dan mulut.

  95. bagus sekali ilmu-nya ditularkan lwt blog… thx for sharing !

  96. ooh ternhata dokter gig ya :) mauuuu banget artikel ini. Anakku baru aja ulang tahun yang ke 7 giginya belum ada yang tanggal Allhamdulillah masih bagus semua. Tapi jadi khawatir kok teman-temannya sudah ada yang tanggal ya, kebanyakan sih pada hitam-hitam gitu gigi teman-temannya.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 639 other followers