DHE: Jika tidak sakit, buat apa ke Dokter Gigi?

Jika tidak sakit, buat apa ke dokter gigi?
Pada mikir gitu nggak?
Saya juga, huahahaha, tadinya.. ;)

image

Hampir setiap orang punya masalah dalam gigi dan mulutnya namun tidak disadari atau disadari tapi tidak menganggapnya sebagai masalah seperti gusi berlubang, gusi berdarah, gigi sensitif, sendi rahang yang bunyi, sisa akar, dan sebagainya. Padahal hal yang terlihat sepele itu suatu saat bisa menimbulkan sakit dan jika sakit tentunya bukan hal yang sepele lagi. Bisa bikin gak bisa tidur, gak bisa makan, kualitas hidup pun jadi terganggu.

Makanya sebelum sakit, datanglah ke dokter gigi. ;)
Dan inilah yang akan dokter gigi lakukan:

Penilaian kebersihan mulut

Kesehatan gigi dan mulut itu sangat amat tergantung dengan kemampuan pasien memelihara kebersihan mulutnya. Oleh karena itu, dokter gigi akan lihat jumlah plak dan kalkulus, serta peradangan gusinya.

Oral prophylaxis

Yaitu pembersihan gigi dan mulut secara optimal oleh dokter gigi. Ayooo siapa yang bisa ngelepasin karang gigi sendirian? Siapa yang bisa menghilangkan bercak-bercak karena teh dan kopi sendiri? Yakin deh gak ada yang bisa, hihihi, jadi serahkan saja tugas itu pada dokter gigi. Pembersihan plak dan karang gigi bukan hal yang menakutkan kok, jadi santai saja. ;)

Pemeriksaan gigi secara menyeluruh

Aka general check-up, semua rongga mulut diperiksa, gigi dan gusi diperiksa dan diidentifikasi masalahnya. Mayoritas penyakit di gigi tidak disadari oleh pasien, karena kebanyakan penyakit di dalam mulut tidak menimbulkan rasa sakit apabila belum gawat.

Pengecekan tambalan sebelumnya

Banyak orang yang merasa masalah selesai setelah dilakukan penambalan gigi. Padahaaal, tambalan gigi itu punya banyak keterbatasan, gak bisa dibandingin dengan gigi asli. Ada bahan tambal yang sifatnya makin mengecil (shrinkage), ada yang sifatnya makin memuai, dan ada juga yang secara ukuran stabil namun tidak tahan tekanan kunyah. Saat di dokter gigi, kualitas tambalan diperiksa, lalu diputuskan butuh di-touch-up atau tidak. Kualitas tambalan yang kurang baik bisa membuat plak nempel di antara gigi dan tambalan, bisa bikin lubang baru deh.

Oral cancer screening

Ini yang terpenting!! Pasien biasanya menganggap semua penyakit di jaringan lunak mulut adalah sariawan biasa, padahaaaal ada banyak banget jenis penyakit di jaringan lunak mulut dan sebagian bersifat ganas. Dalam urusan kanker, early detection itu PENTING pakai BANGET!!

Tindakan pencegahan penyakit

Gigi yang sudah ada tanda-tanda akan berlubang bisa diberikan aplikasi fluoride, gigi dengan bentuk yang rawan terjadi lubang bisa diberi sealant, dan sebagainya.

Edukasi

Ini juga penting.. Dokter gigi selain mengobati penyakit juga harus berlaku sebagai pendidik. Mulai dari yang sederhana seperti cara flossing dan sikat gigi, sampai penghilangan kebiasaan buruk, diet, cara senyum, dan sebagainya. Bagi saya, ini malah yang bikin kerjaan dokter gigi menyenangkan!! Menjelaskan kondisi mulut kepada pasien dan memberi edukasi untuk merawat giginya. Kalau pasien sehat dan sadar akan kesehatan mulutnya, saya jadi senang!! Apalagi kalau terlihat perkembangannya. :)

Banyak sih yang bisa dilakukan di saat kunjungan ke dokter gigi walaupun tidak sakit gigi, seperti ngobrol-ngobrol, bercanda sama dokter giginya, bawain makanan ke dokter giginya, bawain es krim, bawain stiker juga boleh, hhhhmmm, kopdar juga bisa, hahaha… Y(^_^)Y

About these ads

39 thoughts on “DHE: Jika tidak sakit, buat apa ke Dokter Gigi?”

  1. Dua bulan lalu aku tambal gigi, mana yang bolong gigi depan banget. Sekarang udah rusak, mau ke dokter gigi lagi males, mahalnya gak nahan hahaha…

  2. sampe sekarang masih trauma ke dokter gigi … :D coz pernah cabut gigi, setelah dicabut mulut susah d buka lebar tuk makan walhasil selama seminggu hanya makan bubur + jus … :)

  3. waaah makasih infonya :) pengen sih periksa kebersihan gigi dllnya tapi :( entah kenapa malas begitu hehehehe :) Bekasi barat yaaa.. dimana ..dimana ? deket dong :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s