JNYnita

Digital vs Pen & Paper

7 Comments

Saya lagi seneng-senengnya mainan stationery. Hhhmmm, bukan sekarang aja sih senengnya tapi dari saya SD, setiap ke toko buku gak pernah absen ke bagian stationery. Lagi pula alat tulis bagus bisa bikin semangat belajar kan? Hihihi, alibi.

Kesenangan ini kontras dengan pemikiran saya di tahun 2011, saat itu saya lagi tertarik dengan paperless sehingga meminimalkan penggunaan kertas dan mendigitalkan semua aspek yang tadinya butuh kertas, lalu semuanya disimpen di ‘awan’ dan bisa diakses kapan dan di mana aja.

Setelah 2 tahun mencoba paperless ternyata saya gak bisa bener-bener paperless, harus balance antara digital dan konvensional. Secara detilnya bisa dibaca di bawah yaaa.. :D

Belajar
Saya itu gak suka menghafal, eh tapi masuk FKG yang banyak banget hapalannya. Jadinya harus belajar ekstra deh. Saya gak bisa belajar hanya dengan cara membaca atau mendengarkan, butuh dirangkum dan dibaca berulang-ulang. Saya sempet merangkum dengan cara mengetik dan hasil rangkumannya dibuat e-book. Sukses bikin beberapa chapter, tapiiii gak begitu sukses bikin saya belajar lebih cepat. Akhirnya kembali ke cara konvensional deh merangkum di kertas dan versi digitalnya saya dapatkan dengan men-scan catatan saya itu.
image

To-Do List
Saya coba berbagai macam app To-Do list di Android dan nemu app yang paling kece yaitu Remember The Milk. Tapiiii setelah ditulis to-do list-nya saya lupa apa yang sudah saya tulis dan lupa juga mengecek to-do list, akhirnya makin numpuk dan stress. Untungnya sekarang gak butuh bikin to-do list karena dikit yang harus dilakuin, tapi kalau lagi butuh, saya milih nulis di kertas karena proses penulisan itu bikin saya ingat walau gak ngintip apa yang sudah saya tulis.
image

Mencatat keuangan
Enaknya kalau pakai aplikasi adalah gak perlu kalkulator dan gampang direkapitulasi. Pengen tau bulan ini udah habis berapa untuk ongkos dan makan tinggal klik-klik. Sayangnya belum nemu app yang using interface-nya asik, jadi masih enakan tulis tangan juga.

Catat presentasi
Hoho, kalau ada presentasi atau seminar, saya lebih milih merekamnya pakai kamera atau difoto. Kalau nulis sering kelewatan sih, lagi pula sekalian untuk pengganti hand-out. Seminar jaman sekarang suka pelit ngasih hand-out.

Buat Draft
Dari dulu hingga sekarang, corat-coret di kertas tetap yang terbaik!! ╮(╯3╰)╭

Curhat
Huahaha, saya mah bisa curhat bisa di mana aja, curcol juga bisa. Tapi nulis di diary itu lebih romantis dan juga lebih seru apalagi dengan adanya stiker diary, masking tapes, pulpen warna-warni, dsb.

Kesimpulannya,,
Untuk pencatatan, nulis di kertas udah yang paling cocok buat saya… Terus paperless-nya gimana? Hahaha.. Sampai sekarang saya belum beli notebook atau kertas lagi lhoo (kecuali kertas hias), menghabiskan yang udah saya punya aja.. Lagi pula paperless kan gak sebatas ini aja, masih ada poin lainnya dan bahasnya di post lain aja.

About these ads

7 thoughts on “Digital vs Pen & Paper

  1. catetannya terlihat menarik, warna-warni…

  2. aku lebih cepat mengetik dibanding menulis, lagi pula tulisannya jelek :)

  3. kalau saya biasanya untuk pencatatan simple nya tulis di kertas saja hehehe…
    dan saya nggak pernah buat ToDo List hehehe, kalau mau belanja bulanan baru deh di buat hehee… satu lagi kalau buat mencatat keuangan di laptop doang :)

  4. Sekarang daku lebih suka gambar pake tablet Nit. Hihihi

  5. Wah, ingat ngemil masuk to do list juga ya mbak. Saya masih suka nulis dukertas, soalnya lebih gampang dilihat.

  6. Aku juga belum bisa benar2 lepas dari penggunaan kertas mbak. Tapi setahun belakangan, berkat aplikasi notes/reminder di iphone, pemakaian kertas udah banyak berkurang.

  7. kalau terbiasa ngetik, lama lama tulisan tangan saya kaku :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 643 other followers