DHE: Pilih-pilih Sikat Gigi

image

Biasanya saat memilih sikat gigi kriteria apa saja yang dipertimbangkan? Warnanya? Harganya? Manuver bulu sikatnya? Hihihi..

Menyikat gigi dengan baik dan benar merupakan salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan gigi yang sehat. Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk dapat menyikat gigi dengan benar yaitu kriteria sikat gigi dan pasta gigi yang baik serta metode penyikatan gigi yang benar. Untuk kali ini saya bahas tentang kriteria sikat gigi yang baik dulu yaaa.. Eaaa.. :)

image

Pertama-tama lihat kemasan sikat giginya, di sana akan tercantum spesifikasi bulu sikatnya, ada soft, medium, dan hard. Tentunya pilih yang soft dong. Hal yang mau kita bersihkan adalah plak dan sisa makanan yang sifatnya lunak, jadi sikat yang lembut sudah cukup untuk membuang plak dan sisa makanan. Pakai bulu sikat yang keras, bukannya makin bersih tapi malah giginya yang terkikis dan bisa melukai gusi. Hiiii… ~(*+﹏+*)~

image

Yang kedua, lihat kepala sikatnya. Pilih yang mengecil dan membulat supaya bisa menjangkau gigi yang paling ujung. Jika kurang kecil (setiap menyikat gigi butuh mangap lebar dan mentok tidak bisa sampai ujung), bisa menggunakan sikat gigi anak untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit.

image

Yang ketiga, sikat gigi harus nyaman digenggam dan antiselip. Hehe. Cara menggenggam yang benar adalah dengan jari-jemari seperti memegang suling sehingga tekanan yang dihasilkan ringan. Menggenggam dengan telapak tangan merupakan cara yang salah. Saya yakin pasti banyak yang menggenggam sikat giginya dengan cara yang salah. ;)

Sudah memilih sesuai kriteria sudah pasti pemilihan sikat giginya tepat? Hmmm, belum tentuuu…

Tiap orang itu spesial, ada yang bisa buka mulut dengan lebar ada juga yang sempit, plus susunan gigi tiap orang juga berbeda sehingga butuh trial & error untuk dapat sikat gigi yang efektif dan nyaman. Saat mencoba sikat gigi coba nilai:
• Gigi paling belakang sukses tersikat atau tidak? Cara taunya dicek dengan lidah, jika gigi sudah terasa licin berarti giginya sudah bersih. Atau berkunjung ke dokter gigi untuk dinilai kebersihan mulutnya.
• Mulut tidak terasa penuh oleh sikat gigi. Jika saat menyikat gigi harus mangap lebar dan bikin pegel, mungkin butuh mengganti sikat giginya dengan kepala sikat yang lebih kecil. Biasanya sikat gigi merek ‘luar’ kepala sikatnya lebih besar daripada merek lokal.
• Jika gusi terasa sakit saat disikat, mungkin butuh ganti sikat gigi dengan bulu sikat yang lebih lembut atau teknik menyikat giginya yang masih salah. :p
• Gusi dan pipi suka ‘tersodok’ sikat gigi? Berarti sikat gigi kurang nyaman untuk digenggam.

Memilih sikat gigi itu susah-susah gampang, tapi dinikmati aja prosesnya. Jangan lupa untuk membilasnya setelah dipakai lalu dikibas-kibas supaya kering dan ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau saat bulu sikatnya udah mulai mekar.

Have Fun! ^^„

About these ads

17 thoughts on “DHE: Pilih-pilih Sikat Gigi”

  1. maaaccih info-nya bu dokter hehehe,, tentunya saya pilih manuver bulu sikatnya dulu dong hehehe… posting cara menyikat gigi yang baik dan benar dong say .. kenapa yaaa sikat gigi saya bulu sikatnya sellau berubah2 :( hehehehe …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s