Tag Archives: Sakit kepala

Dia Datang Lagi..

Dia datang lagi,
Padahal sudah cukup lama dia tidak muncul di kepala saya.
Dia datang lagi,
Saat saya tidak punya amunisi untuk melawannya.
Dia datang lagi,
Mungkin karena makan saya tidak teratur
Mungkin karena 2 porsi kopi yang saya minum hari ini.
Mungkin karena macet.
Mungkin karena kebanyakan micin yang saya konsumsi hari ini.
Mungkin…..
Dia datang lagi,
Aaah, lebih baik saya tidur saja…

image

Sahabat Saat Halangan

image

Sebulan sekali dia datang…
Sebuah bentuk ‘protes’ karena ovum tidak dibuahi…
Dia datang tidak sendirian…
Tapi bersama temannya yang juga ‘protes’ karena tempat tinggalnya jarang diberikan kalori dan gizi yang cukup serta jarang ditempa kegiatan fisik yang membangun…
Dia pasti datang dan saya menerimanya dengan ikhlas karena sudah kodratnya…
Tapi temannya sedang saya usir dengan Kaltrofen 100 dan Sangobion…

image

Unwell

2 hari ini badan saya gak enak banget. Hari senin saya bangun karena sakit perut, maklum lagi halangan, setelah itu enak-enak aja baru pas jam 9-an mulai deh lemes dan sakit kepala. Sakit kepala yang saya rasain cuma satu sisi yaitu sisi kiri. Dulu saya lumayan sering sakit kepala, tapi akhir-akhir ini udah lama gak kambuh, jadi sebel banget!!

Karena saya pikir ini sakitnya karena kurang kalori, saya langsung beli milo, sakit kepalanya tetep gak ilang.
Makan mie goreng, juga tetep gak ilang.
Minum sangobion dan vitamin, ngaruh sebentar, mungkin karena sugesti..
Minum air putih banyak, lumayan reda.
Ngobrolin kisi-kisi diskusi GTP sama Cerry sakit kepalanya timbul lagi.
Pulang dari kampus dan minum pocari sweat langsung lumayan enakkan. Abis itu stagnan, gak ilang dan gak 100% lega.

Kemaren jadi gak produktif banget, urusan dengan pasien belum selesai, tapi pasien saya pulangin. Mau belajar pusing. Main juga gak enak. Akhirnya saya bawa tidur dan berharap pas bangun kepala sudah 100% enak. Ternyata tidak, stagnan aja.. hiks.. Dan walaupun pas pagi saya sarapan, minum susu dan minum air putih walau gak banyak, sakit kepalanya tetep stagnan…

Salah satu teman saya, Mumu, kemaren juga mengalami hal yang sama, bedanya kepala yang sakit bagian kanan. Mumu juga kondisinya sama seperti saya, halangan hari ketiga. Bedanya karena dia udah gak tahan, akhirnya dia minum panadol DAN panadol ekstra!!! Karena panadol biru saja gak ngaruh. Kalau saya sampe saat ini sama sekali belom minum obat. Walau punya juga tu panadol.

Gara-gara sakit kepala yang annoying ini, saya jadi mikir-mikir apa etiologinya… Mungkin:
● Kurang darah karena lagi halangan..
● Kurang minum air putih karena akhir-akhir ini jarang bawa air putih dan belinya malah teh botolan..
● Jarang banget makan buah dan sayur..
● Gak pernah olahraga..

Di perjalanan pulang dari kampus hari ini, saya jadi sadar klo gaya hidup saya masih gak sehat. Di tahun 2012 saya memang punya target untuk selalu sarapan dan minum susu. Gara-gara itu makan saya mulai teratur, secara kuantitas emang lumayan, tapi secara kualitas masih gak banget. Hiks…

Sakit kepala ini jadi reminder untuk makan sayur dan gak minum teh botolan lagi.. Dan jangan males olah raga!! Dan untuk goal bulan februari, harus saya tambah dengan makan vitamin, sayur ATAU buah setiap hari.

Mulai hari ini?
Siang ini saya makan nasi goreng gado-gado dan jus strawberry di BMK. Sayur dan buah…↖(^▽^)↗

jnyjny

Photobucket

Curcol #2

Sebenarnya saya semalam janjian pasien untuk pagi ini. Tapi saya hanya sms bukannya nelpon karena saya ingat ngehubungin pasien pas udah malem banget. Saya sms via BB gak delivered, saya sms via esia tapi sms notificationnya gak muncul-muncul..

Saya lupa pagi ini ngecek notif sms lagi apa nggak, yang pasti pagi ini saya udah urung untuk ngerjain pasien karena sadar kalau PL-nya belom diparaf oleh drg NK.. Sore ini saya merasakan getaran dari HP Esia, ternyata sms ke pasien itu masuk..

Saya jadi gak enak.. Jangan-jangan tadi pasien saya datang?
Tapi pas jam 9 saya turun (untuk beli tahu gejrot) saya gak ngerasa ada ‘penampakan’ dari pasien saya itu.. Tanya Mumu juga ngakunya dia gak liat..

Duh, kan gak enak kalo telp di AC63.. Tapi gak mau juga terlalu kepikiran, takut berbuah sakit kepala. Yang pasti sih, abis ini harus di-konfirmasi, biar saya tenang.. Huhuhu..

Photobucket

C11: Pastikan minum air putih >2L per-hari

Di bulan Ramadhan ini, saya memecahkan rekor sakit kepala 4 hari berturut-turut. Sakit kepalanya ringan sih, namun mengganggu, bikin gak konsen belajar, rasanya jadi pengen tiduran terus. Dari majalah kesehatan yang terakhir saya beli, saya jadi tau kalau dehidrasi merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Setelah saya tahu fakta ini, saya langsung banyak minum, dan Alhamdulillah rekor sakit kepala saya jadi ‘hanya’ 4 hari.

Hari ini, sakit kepalanya kumat lagi, langsung saya minumin 3/4 gelas tupperware yang besar berisi pocari sweat dan sakit kepalanya langsung reda!!!

Mungkin dehidrasi juga penyebab kenapa saya sering sakit kepala saat tidak puasa karena walau setiap bepergian saya selalu bawa botol berisi air putih, kalau air putih-nya abis saya lebih memilih beli kopi atau teh yang dingin. Dan sesampainya di rumah, untuk menghalau kantuk biasanya saya minum kopi (lagi), air putih paling hanya diminum sehabis makan atau saat mulut terasa kering dan haus. Aaah, udah minum airnya dikit, minum-minuman diuretiknya banyak, gimana gak dehidrasi???

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk meminum >2L air per-harinya!!! Dan berusaha untuk mengurangi minum teh dan kopi.. Semangat!!!

Sehat itu SANGAT berharga!!!

Ramadhan minggu ke-dua..

Dari hari senin-kamis saya sakit kepala… huh… Dan dengan tidur sakit kepalanya tidak hilang… Jadi hari-hari saya berjalan seperti ini: bangun tidur sedikit enakan — siangnya sakit kepala — pulang langsung tidur (diselingi shalat, buka puasa, makan, dll).. Gak sanggup belajar T.T ,, DTM ke drg Lely aja maju tanpa belajar.. Alhamdulillah diskusinya cuma sekali, besoknya langsung revisi…

Di pagi sebelum saya DTM ke drg Lely, untuk mecahin uang. saya beli majalah. Pengennya beli majalah prevention, tapi gak ada, jadinya saya beli majalah FIT bulan Agustus.. Selama di kampus majalahnya gak saya utak-atik karena pasti akan risih ngeliat gambar-gambar seksi, baru pas sampai di rumah majalahnya saya baca (setelah buka puasa). Ternyata di bonus majalahnya banyak ngebahas tentang hubungan sakit kepala dan dehidrasi.. Cling! Kayaknya yang bikin saya sakit kepala berhari-hari adalah DEHIDRASI!!! Selama saya puasa, saya hanya minum 2 gelas air putih perhari, pas buka dan sahur..

Pulang dari kampus, saya beli pocari sweat yang botol dan yang sachet.. Sampai di rumah langsung minum air putih yang banyak.. gluk.. gluk.. gluk… Ternyata sakit kepalanya mereda.. Alhamdulillah…

Supaya makin cepat efek penghilangan rasa sakitnya saya lalu tiduran.. Dan beberapa saat kemudian.. uhuk… uhuk… Batuk!!! Ahh, saya baru ingat.. batuk kering muncul tanpa demam adalah tipikal batuk alergi… Arrrgh!!!! Udah lama padahal batuk tipe ini tidak muncul.. Selama ini saya pikir rasa gatel-gatel di tenggorokan adalah tanda-tanda mulai pilek, ternyata bukan.. Setelah batuk-batuk. cek kotak obat.. obat saya abis T.T, akhirnya saya olesin minyak angin banyak-banyak dan tidur pake masker.. hehe.. bisa tidur dengan enak sampe pagi deh.. Pagi-paginya cari oknum penyebab alergi.. kayaknya kipas angin deh.. huhuhu… segera deh saya lap-lap kipas angin, semoga batuk-batuknya gak kumat lagi… Amin..

Intinya Sehat itu SANGAT BERHARGA..

Lebih baik mencegah dari pada tidak produktif…

INGAT SELALU untuk: BANYAK MINUM AIR PUTIH dan RUTIN BERSIHIN KAMAR (esp kipas angin) supaya bebas dari debu.. SEMANGAT!!!